Review Pancasila sebagai dasar pembangunan Indonesia Emas

 


NARASUMBER :

Ema Umiyyatul Chusnah, S.T., M.M.Pd (MKRI)



dan tantangan menuju Indonesia Emas: 

Indonesia sedang menerima bonus demografi dengan besarnya jumlah penduduk yg lada usia produktif yaitu 15-64 tahun meningkat.

Tantangan yang dihadapi oleh indonesia dalam mempersiapkan bonus demografi ini juga cukup besar, salah satunya masuknya paham radikalisme dan ideologi anti oancasila indonesia.

 

YANG HARUS DILAKUKAN?

Menggali kembali makna nilai nilai dari pancasila sebagai pondasi dan semangat awal untuk memerangi radikalisme dan menuju indonesia emas 2045.

Selain itu, pendalaman karakter manusia indonesia yg berdasarkan nilai nilai pancasila akan menjadi tameng yang cukup,kuat untuk menangkal radilaklisme.


Pancasila dan Pembangunan

>> pada hakikatnya pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional mengandung arti bahwa segala aspek pembangunan harus mencerminkan nilai nikai pancasila.

>> pembangunan nasional adalah untuk manusia indonesia dimana manusia secara kodrat nya memiliki kedudukan sebagai individu dan makhluk sosial


Peran NU dalam membangun moralitas Bangsa Menuju Indonesia Emas

>> paham kebangsaan yang memberikan pengakuan kepada seluruh elemen bangsa yang terdiri atas suku, agama, ras, golongan.

>> nasionalisme kemanusiaan diwujudkan melalui kehiatan dakwah dan pendidikan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul


Kedudukan Pancasila Dalam pembangunan Nasional

    1. Pancasila harus menjadi kerangka kognitif dalam identifikasi diri bangsa

    2. Pancasila sebagai landasan pembangunan nasional

    3. Pancasila merupakan arah pembangunan nasional

    4. Pancasila sebagai moral pembangunan nasional


Lihat juga blog temen saya : octha

Komentar

Postingan populer dari blog ini

POST NEWS PRA BToPH 1 2023

POST NEWS PRA BToPH 4 2023

Review PELAYANAN KESEHATAN